Tidak ada yang lebih menyenangkan dibanding bertemu dengan si mantan, apalagi si mantan tampak lebih muda dan segar #eh. Ini bukan membicarakan mantan pacar ya , tetapi membicarakan mantan tunggangan. Pada Sabtu, 24 Agustus 2019 yang lalu, bertempat di restoran Cerita Rasa di bilangan Cilandak, Jakarta Selatan, saya menghadiri undangan dari Viva Talklife – Toyota YarisUnleash Your Fun.

Mobil andalan Toyota Team Indonesia di arena balap
Mobil andalan Toyota Team Indonesia di arena balap

Viva Talklife  merupakan series  yang dibuat oleh Viva.co.id yang membicarakan berbagai macam hal. Kali ini Viva Talklife berkolaborasi dengan Toyota Indonesia membicarakan Toyota Yaris. Bagaimana Toyota Yaris diciptakan, keunggulan apa yang dimiliki Toyota Yaris dan cerita dari sisi pembalap yang menggunakan Toyota Yaris sebagai kendaraan balapnya.

Event ini relate banget buat saya pribadi. Mobil pertama saya saat delapan tahun yang lalu adalah Toyota Starlet SE Limited tahun 1991 berwarna putih. Mobil tersebut sudah menemani saya wara-wiri mulai dari kehamilan sampai lahiran anak pertama dan kedua, mudik ke Jawa Timur sampai Madura bahkan pernah membawa orang mati dari kosan Ibu saya ke Rumah Sakit. Relate karena Toyota Yaris adalah penerus Toyota Starlet yang lebih dulu dibuat oleh Toyota.

Old Brother Histories

Sedikit sejarah Toyota Yaris adalah diawali dengan Toyota Publica pada tahun 1973. Lalu berkembang versi lebih advance-nya menjadi Toyota Publica pada tahun 1978. Rilisan tahun 1973 sampai dengan tahun 1977 ini biasanya disebut sebagai Publica Starlet 40-series.

Pengembangan lanjutannya adalah Starlet 60-series rentang periode 1978-1984. Disinilah bentuk hatchback pertama kali dikenalkan. Versi lainnya adalah station wagon. Salah satu yang menarik dari series ini adalah pengunaan roda belakang sebagai penggerak mobil. Karena setelah series ini, penggerak rodanya sudah pindah ke roda depan.

Mulai tahun 1985, starlet menganut konsep penggerak roda depan. Mesinnya ditandai dengan kode EP70, oleh karenanya series dari tahun 1985-1989 disebut sebagai Starlet 70-series. Di Indonesia sendiri series ini biasa disebut dengan Starko alias Starlet Kotak, merujuk pada penggunaan lampu depannya yang mengotak.

Masuk ke tahun 80an, desain model pada umumnya mulai berubah membulat. Tidak ketinggalan dengan Toyota Starlet, desainnya mulai membulat, Starlet 80-series dengan kode mesin EP80 memasuki pasar Indonesia. Di zamannya mobil ini adalah idola para kawula muda. Mobil yang anak muda banget. Starlet 80-series mengakhiri periodenya di tahun 98 paralel dengan munculnya Starlet 90-series mulai tahun 1996 dengan 1999. Yang paling menonjol di 90-series adalah penggunaan turbo di mesinnya. Aku cinta turbo.

Generasi Yaris

Pada tahun 1999, Toyota mulai memperkenalkan penerus dari Starlet yaitu Toyota Yaris atau di Eropa bernama Toyota Vitz. Kehadirannya disambut baik, bahkan di eropa pada tahun 2000 Yaris memperoleh penghargaan European Car of The Year Award. Sayangnya series awal Yaris ini tidak pernah masuk di Indonesia.

Yaris masuk di Indonesia mulai dari generasi kedua-nya di tahun 2006. Disini generasi Yaris kedua ini biasanya disebut dengan Yaris kodok karena bentuknya yang membulat. Unitnya sendiri di-import langsung secara utuh atau CBU dari Thailand.

Lama merajai pasar hatchback tanah air bersama para kompetitornya, Yaris baru mendapat pembaruan model tahun 2013. Biasa disebut dengan Yaris Lele, model yang masih bertahan sampai sekarang dengan kode mesin terakhir adalah 2NR-FE.

Dibuat dari Jalanan

Di event Viva Talklife X Toyota – Unleash your Fun, Toyota menghadirkan dua narasumber yaitu Dimas Aska, Head of Media Relation Toyota dan Demas Agil, pembalap Toyota Team Indonesia. Dimas mengatakan bahwa Toyota dalam men-develop sebuah mobil berangkat dari kebutuhan di jalan. Toyota Yaris sendiri di-develop karena adanya kebutuhan kendaraan yang fun to drive, aman, dan modelnya anak muda banget.

Demas Agil - Pembalap & Dimas Aska - Head of Media Relation Toyota
Demas Agil – Pembalap & Dimas Aska – Head of Media Relation Toyota

Pasar Toyota Yaris adalah anak muda yang adrenaliannya masih menggebu-gebu. Menyadari kebutuhan itu Toyota menyiapkan Yaris dengan berbagai fitur keamanan yang lengkap. Menurut Dimas, pertanyaan anak muda terhadap Yaris adalah soal keamanannya. Salah atunya adalah airbag 5 titik, diantara kompetitior, hanya Yaris yang menghadirkan fitur airbag 5 titik.

Ada juga fitur lain yang diciptakan dari keadaaan jalanan di Indonesia, sehingga fitur ini murni diciptakan oleh para engineer Toyota di Indonesia. Jalanan di Indonesia yang konturnya naik turun, dan juga padat menyebabkan pengendara terjebak pada posisi menanjak dan harus stop n go. Supaya mobil tidak mundur saat tanjakaan, maka fitur Hills Start Assist diciptakan. Pengemudi tidak perlu kuatir mobilnya meluncur ke belakang saat berpindah dari posisi mengerem ke posisi melaju.

Mobil yang Nyaman dan Bertenaga

Demas Agil berbicara soal kenyamanan sebagai salah satu kunci keberhasilan dia memenangi berbagai macam race dengan Toyota Yaris. Menurut Demas, mobil yang enak dipakai untuk membalap adalah mobil yang nyaman. Nyaman dulu, baru enak digunakan untuk balapan. Selain untuk balapan, Demas juga ternyata menggunakan Toyota Yaris untuk mobil hariannya.

Demas juga menyinggung soal mesin 2NR-FE dengan teknologi dual VVTi. Menurut Demas juga, mesin ini yang menjadi salah satu kunci lain keberhasilan dia dalam menjalani balapan. Teknologi dual VVTi membuat mobil bertenaga mulai dari putaran bawah sampai putaran atas.

Toyota Yaris - Nyaman - Bertenaga
Toyota Yaris – Nyaman – Bertenaga

Membahas Toyota Yaris ini memang gak ada habisnya dan seru banget di event ini. Tapi karena keterbatasan waktu, ngobrolin Yaris harus diakhiri. Selanjutnya di Viva Talk Life acara dilanjutkan dengan kuis-kuis yang fun dengan para blogger.

Kuis pertama adalah kuis pertanyaan dengan jawaban online. Ada 10 pertanyaan dan masing-masing blogger bisa menjawabnya di gadget masing-masing. Sayangnya saya kalah. Selanjutnya kuis kedua adalah tebak kata. Ada 8 peserta yang dibagi menjadi 4 kelompok berpasangan. Masing-masing pasangan berbagai peran sebagai penebak kata dan pengarah kata. Setelah melalui babak penyisihan, saya dan salah seorang blogger bernama Siwi keluar sebagai pemenangnya. Acara yang sungguh fun dan berkesan. Kapan ya ada acara undangan test drive Toyota Yaris, karena setahu saya model terbaru Yaris sudah dilaunching di New York beberapa bulan yang lalu. Hmm, akankah?

Selfie dengan Demas Agil, Kapan lagi, ya kaan...
Selfie dengan Demas Agil, Kapan lagi, ya kaan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website