RIP Olga Syahputra

Innalillahi wa inna ilahi rojiun…akhirnya kabar duka itu datang juga. Tepat di hari Jumat, tanggal 27 Maret 2015 komedian dan presenter, kalo saya sendiri memandang dia sebagai entertainer sejati, telah wafat di Singapura. Kabarnya belum bisa dipastikan apakah memang meninggal di rumah sakit atau di sebuah apartemen di Singapura.

Olga Syahputra
Olga Syahputra

Olga Syahputra, buat saya dia salah satu enterainer sejati yang pernah lahir di Indonesia. Rasanya masih kemarin ketika Olga mulai menapaki karirnya di dunia entertainment Indonesia. Yang saya ingat waktu itu Olga mengisi salah satu segment di acara Indi Baranz dan Indra Bekti. Olga selalu didandani yang aneh-aneh, disitu dia membawakan informasi unik buat para penonton. Disitu juga ia sering “dibully” oleh dua host tersebut.

Namanya makin kinclong ketika Olga menjadi host di acara Dahsyat. Saat itu yang saya liat selain Olga yang semakin kinclong, ia juga secara tidak langsung mempopulerkan acara musik tersebut. Lainnya juga ia menjadi seperti mentor bagi Raffi Ahmad dan Luna Maya saat itu yang belum berpengalaman menjadi host.

Olga di Ceriwis
Olga di Ceriwis

Seiring karirinya yang moncer, selain semakin banyak penggemarnya juga semakin banyak yang membencinya. Kebanyakan para hatters terutama di Kaskus, membenci ke “melambaian” sosok Olga dan beberapa perkataan yang kurang pantas dari seorang Olga. Saya sendiri sih menilai saat itu dalam taraf wajar mengingat latar belakang Olga sendiri dari lingkungan yang keras dan seperti itu.

Olga selain memiliki kekurangan, buat saya ia punya banyak kelebihan yang patut dicontoh. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari perjalanan dan sosol Olga. Ia merupakan orang yang besar dari bawah. Iya dari bawah, dari bukan siapa-siapa menjadi apa-apa. Namun ketika sudah besar ia tidak pernah melupakan akarnya. Ia selalu kembali ke akarnya.

Ketulusan dan kerendah hatian Olga bukan sesuatu yang dibuat-buat karena ia mengalami sendiri ketika menjadi orang yang berada di bawah.  Karakter seperti ini yang sudah jarang dimiliki oleh para artis lainnya. Olga merupakan artis yang ditempa secara keras di dunia entertainment. Sudah sepantasnya ia menjadi artis besar yang bisa dicatat dalam sejarah dunia entertainment Indonesia.

Catatan Si Olga
Catatan Si Olga

RIP Olga Syahputra, saya akan mengenang Olga sebagai pribadi yang memiliki ketulusan, kerendahhatian, kepekaan, kepedulian, dan keterbukaan. Karakter pekerja kerasnya pun seharusnya bisa dijadikan panutan. Sifat dan karakternya banyak yang bisa dicontoh. Sekali lagi RIP Olga Syahputra, semoga dirimu ditempatkan di tempat yang layak. ­čÖé