Akhir tahun ini, saya ada rencana untuk mudik lagi ke Jawa Timur. Biasa, ke Jombang, tulisan sebelumnya bisa dicek disini. Tepatnya di akhir tahun kan ada libur semester sekolah yang kira-kira sekitar satu bulanan, nah lumayan kan kalau dua minggu, istri dan anak-anak bisa liburan di rumah Eyang dan Mbahnya. Biar agak sedikit bergaya, saya sudah kepikiran untuk coba pake pesawat. Seru kali ya buat anak-anak,hehe. Dan supaya gak boros-boros banget juga, tetep pulangnya naik kereta ekonomi, biar tetep balance keuangan, wkkkk. Maka dari itu dari sekarang harus mulai cari tiket pesawat, siapa tau ada promo, ya kaan.

Saya masih inget banget tahun 2011 untuk pertama kalinya naik pesawat, saksinya ada deh selebtwit, Teh Nita yang akun twitternya @NitaSellya, dulu belum seleb, wkkk, dan masih dekil :p. Di Bandung saya cerita sama dia kalau melamar gadis yang sekarang jadi istri saya, tentu saja dia mendukung dese, sebenernya sih karena gak tau cara beli tiket pesawat, wkkk. Berbekal dukungan (*baca: petunjutuk beli tiket), saya pergi ke agen perjalanan. Iya banget ke agen perjalanan, wkkk. Masih jaman tuh cari tiket pesawat ya sebadan-badan datang ke travel agent.

Masuk ke kantornya si agen perjalanan ini, inget banget deh ini, terus ada semacam meja panjang gitu macam bertemu dengan CS Bank. Ada beberapa mba-mba yang jaga, semacam loket gitu, nah masing-masing depan si Mbaknya ada kursi. Duduk disitu disitu baru deh bilang ke Mba penjaga.

“Mba saya cari tiket pesawat dari Jakarta ke Sorong, untuk hari Sabtu tanggal X adanya jam berapa?”

“Bentar ya saya carikan.”

“Adanya jam A,B,C, Mas.”

“Yang A berapa, yang B berapa, yang C berapa?”

“Yang A sekian, yang B sekian, yang C sekian. Masnya mau yang jam berapa?”

Gitu banget memang di jamannya, sampai ketemu jadwal yang cocok, mereka bookingkan, bayar, dapet deh tiket fisik gitu buat dibawa ke bandara. Tapi sudah cuman lembaran sih udah agak sedikit maju, kalau sebelumnya kan kayak buku gitu, hahahaha.

Enaknya jaman sekarang, cari tiket pesawat gampang banget. Tinggal download aja salah satu aplikasi online travel agent, cuma dua langkah kita bisa berburu tiket pesawat dengan mudah. Tinggal masukin rutenya, tanggal keberangkatan, voila, udah langsung diurutkan pilihan jadwal jam keberangkatan di hari tersebut dan harganya. Hidup smartphone! Eh tapi jadi gak bisa godain mba-mba di travel agent deh. 😀

Berita-berita kemarin ini kan katanya harga tiket pesawat lagi naik ya, tapi saya cek sebelum tulisan ini saya tulis, menurut saya sih masih wajar-wajar saja. Contohnya untuk hari Selasa, 17 Desember 2019, rute Jakarta-Surabaya yang mana sudah masuk ke peak season liburan, saya cari tiket pesawat murah mulai dari 700rban udah dapet loh ke Surabaya dari Jakarta.

Saya sih masih inget di tahun 2010 akhir temen saya mau pulang lewat Surabaya, dapet harga tiket termurahnya 500rban, jadi sebenernya sih menurut saya, masih terjangkau lah kalau harga sekarang mulai dari 700rban.

Saya kan cari tiket pesawat pake aplikasi dari Pegi-pegi ya, enaknya nih, dan sudah seharusnya sih, harga yang tertera sudah termasuk pajak. Harga net istilahnya, Pegi-pegi pengertian banget dah saya orangnya gak mau ribet. :*

Cari tiket pesawat tuh harus dari jauh-jauh hari, kata orang. Ada benernya nih jargon ini. Saya lagi berburu eh pas kebetulan di bulan ulang tahunnya Republik Indonesia tahun ini, di Pegi-pegi lagi ada promo diskon 350rb dengan minimal pembelian 1.5juta. Mayan banget cuma bayar 1,15jta. Cek sendiri deh, masih banyak promo lainnya. Selamat berburu tiket pesawat! 🙂

Promo HUT RI
Promo HUT RI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.