Posting Blog via Microsoft Word 2007

Setelah sekian lama pernah melihat sekilas fitur bloging di Microsoft Word (Ms.Word), akhirnya sekitar dua hari yang lalu saya mencoba menulis postingan di blog pribadi menggunakan Ms. Word, dan ternyata bisa dong, horey. 😀 Dan caranya gampang banget ternyata. Saya akan coba lagi plus berbagi caranya disini.

Untuk diketahui, blog ilhabibi.com itu dibuat dengan menggunakan engine wordpress dan Ms Word yang digunakan adalah versi 2007. Pertama, setelah membuka Ms Word, coba buka baru dengan klik dipojok kiri atas, klik open, maka akan muncul jendela dialog seperti dibawah ini.

Pilih “New blog post” lalu klik “Create”. Untuk pertama kalinya kita harus mendaftarkan account blog kita melalu jendela dialog di bawah ini.

Pilih “Register Now” untuk mendaftarkan blog kita supaya bisa diposting via Ms.Word. Lalu kemudian akan muncul jendela dialog dibawah ini :

Jika diklik tanda panah, maka akan muncul list seperti dibawah ini.

Nah, sekarang tinggal kita pilih provider blognya. Kebetulan saya pake engine wordpress, jadi walaupun dihosting sendiri dan domain sendiri pula, pilihannya tetap wordpress. Di list tersebut juga ada pilihan “Blogger” untuk kalian yang menggunakan blogspot. Setelah memilih lalu klik “Next”, dan akan muncul jendela dialog kembali seperti di bawah ini.

Isikan dengan memasukan url blog di field “Blog Post URL”, dengan cukup mengganti tengahnya saja, disini saya menambahkan “ilhabibi.com” sisanya adalah default untuk pengguna wordpress “/xmlrpc.php”, jangan dihapus atau diganti. Isikan juga “User Name” dan “Password”.

Jika berhasil maka akan muncul jendela dialog.

Mari mulai ngeblog di lembar kosong yang disediakan. Penampakannya kaya dibawah ini.

Nah berikut ini sudah saya isi untuk memposting tulisan ini. Penampakannya jadi seperti ini nih.

Mudah bukan. :D. Setelah selesai, untuk mempublishnya tinggal klik “Publish” yang ada di pojok kiri atas. Disana ada pilihan untuk bisa langsung dipublish atau dijadikan draft terlebih dahulu. Kita pun bisa mempunya account lebih dari satu. Untuk menambahkan tinggal di atur di “Manage Accounts: yang letaknya berdekatan dengan “Publish”.

Kalau menurut saya sih dengan menggunakan Ms.Word akan mempercepat kita untuk memposting sesuatu apalagi yang hanya berupa text aja. Sedangkan yang lain harus dicoba dulu nih soal layout dan gambar. Ini pun belum tahu apakah ketika memasukan gampar makan akan terupload otomatis. Let’s see. Apapun itu, happy blogging and thanks to Microsoft for providing such features. 😀

2 thoughts on “Posting Blog via Microsoft Word 2007

Leave a Reply