Mie Jogja Pak Karso Pajajaran Bogor

Sebagai orang Bogor, belum tentu loh sudah menjelajahi semua kuliner di kota sendiri, termasuk yang satu ini, Mie Jogja Pak Karso yang ada di Jalan Pajajaran, tepatnya seberang Balai Binarum arah ke Baranang Siang. Dari arah Ekalokasari ke Baranang Siang, letaknya ada disisi kiri jalan. Disitu terpampang plang Mie Jogja yang berukurang besar. Setiap hari, saya selalu melewati kedai ini, hingga hari Minggu kemarin akhirnya menyempatkan mampir makan siang untuk menumpas rasa penasaran kenapa kedai ini selalu ramai di setiap akhir pekan.

Kedai Mie Jogja Pak Karso Pajajaran Bogor dan Ayam Penyet Surabaya
Kedai Mie Jogja Pak Karso Pajajaran Bogor dan Ayam Penyet Surabaya

Posisi kedainya sangat strategis yaitu di Jalan Pajajaran Bogor yang sudah terkenal dengan kawasan kuliner dan wisata belanja di kota Bogor. Pun plang kedai Mie Jogja ini berukuran dan besar sehingga sangat menggoda untuk meliriknya. Kedainya tidak terlalu besar namun cukuplah menampung sekitar 50an orang pengunjung. Kedai ini tidak hanya menyajikan mie saja, karena sebenarnya ada menu lain yaitu ayam penyet Surabaya. Ada seolah-olah dua kedai yaitu Mie Jogja Pak Karso dan Ayam Penyet Surabaya dalam satu kedai ini walaupun dalam prakteknya dimasak dalam satu dapur yang sama. Entah kenapa plangnya pun ย dipisah dan yang paling ditonjolkan adalah Mie Jogja Pak Karso.

Saya makan bersama Nyonya Untsu dan Haha. Satu meja yang terbuat dari plat alumunium cukup kece karena membawa kesan bersih dan mudah dibersihkan walau ada kesan seperti makan dipenjara juga sih.Hehe. Pelayannya membawa menu. Menunya tidak banyak yaitu Mie Jogja ada pilihan Mie Goreng (Ayam/Daging Sapi) dan Mie Godhog (Ayam/Daging Sapi). Sedangkan Ayam Penyete Surabaya ada pilihan Ayam Penyet, Cah Kangkung, Tahu dan sebangsanya. Menu minuman pun hanya ada beberapa pilihan seperti Teh Botol, Es Teh Manis dan paling mahal adalah Es Jeruk, tak ada lainnya.

Mie Goreng Daging Sapi Kedai Mie Jogja Pajajaran Bogor
Mie Goreng Daging Sapi Kedai Mie Jogja Pajajaran Bogor

Berhubung mampir kesini karena penasaran Mie Jogja itu seperti apa, jadi saya dan nyonya pilih menu mie. Nyonya memilih menu Mie Goreng Daging Sapi sedangkan saya pilih menu Mie Godhog Daging Sapi. Tak berapa lama setelah memesan, pelayang pun datang membawakan menu yang kami pesan plus es teh manis. Untuk harga menu mie, keduanya sama, Rp19.000 untuk mie goreng/godhog dengan daging ayam dan Rp21.000 untuk mie goreng/godhog daging sapi.

Porsi mie jogja ini cukup besar, sangat mengenyangkan jadi disarankan makannya dalam keadaan benar-benar lapar sehingga satu porsi ini bisa masuk semua. :D. Mari kita bahas satu persatu. Keduanya menggunakan jenis mie yang sama, berukurang cukup besar daripada mie kebanyakan. Untuk mie goreng, rasanya dominan manis tapi tetap enak karena rasa lainnya pun cukup pas. Potongan daging sapinya besar-besar dan cukup berasa. Untuk mie godhognya rasanya dominan asin dengan kuah yang besar. Di dalamnya dicampur dengan telur dan sayurang serta daging sapi tentu saja dengan potongan-potongan yang sangan kelihatan.

Rasa keduanya enak tapi menurut kami berdua sih tidak bisa dikatakan istimewa. Kenapa?Karena sejujurnya rasa-rasanya saya pernah makan mie jenis ini di tukang mie tektek ketika mahasiswa dulu di Bandung. Biasanya untuk makan malam karena malas keluar, jadinya suka menunggu tukang mie tektek lewat. Rasa mie godhognya tidak jauh beda, kecuali jenis mie dan bahan campuran lainnya yang jelas membedakan.

Mie Godhog Daging Sapi Kedai Mie Jogja Pajajaran Bogor
Mie Godhog Daging Sapi Kedai Mie Jogja Pajajaran Bogor

Untuk rasa, saya dan nyonya sepakat memberi nilai 3 dalam skala 1-5. Untuk porsi kami beri nilai 4, karena setelah makan disini kami langsung kekenyangan. Letak kedainya strategis dan rasanya yang enak serta harga yang terjangkau menjadikan Mie Jogja Pak Karso bisa menjadi kuliner menarik di kota Bogor. Selamat mencoba. ๐Ÿ˜‰