Menikmati Musik Metal

Sebagai penggemar musik pop sejati kayak dengerin Noah, Padi, Sheila on Seven, Kangen Band (*iya kangen band, apa lo apa lo apa lo) dan tentunya pop balad idolaku selalu Om Iwan Fals, rasanya untuk mendengarkan lagu-lagu metal itu jauh banget dari pikiran. Di otakku yang namanya musik metal itu gak jelas, gak bermelodi, kelam, dan gak bisa dinikmati.

Adalah Otong Koil-lah orang yang mampu men-trigger kuping ini untuk coba mendengarkan lagu metal dan hasilnya, yeah aku suka. Lebih tepatnya akhirnya bisa menemukan cara untuk menikmatinya. Sesuai dengan hipotesaku yaitu setiap genre musik itu berbeda-beda cara menikmatinya. Seperti genre Pop, gampang banget untuk menikmatinya, mulai dari musiknya yang easy listening, lalu liriknya yang pada umumnya chessy dan tentu saja personelnya ganteng atau cantik. Beda dengan musik jazz, cara menikmatinya adalah dengan memainkannya, kalau bukan pemain alat, aku rasa agak sulit untuk menikmati musik jazz.

Kembali ke Otong Koil, siapa dia? Kenapa dia mempengaruhi aku sampai mau mencoba mendengar musiknya? Otonk Koil adalah selebtweet, hahaha. Iya tapi kalau dia dibilang selebtwit ada benernya juga, sampai-sampai Endah n Rhesa (band duo suami istri) mengabadikannya dalam lirik lagu “Liburan Indie”.

langsung menit ke 1:18

Ya dia selain selebtwit sebagai sampingannya, dia adalah vokalis band metal Indonesia yang disegani bahkan bisa dibilang legenda bernama Koil. Perkenalan aku dan dia sebenernya gak sengaja, karena terjadi begitu saja akibat langganan channel-nya Soleh Solehun. Di salah wawancara dia disini nih.

Karakter orangnya menarik, agak-agak sedikit freak, jenius dan absurd. Apalagi kalau kamu mengikuti twitternya, twit-twit dia itu sangat nyeleneh, sedikit nakal, aesthetic dan mind blowing. Itu perkenalan pertama kalinya. Di wawancara itu jadi tau cara dia berpikir, memandang sesuatu, bersikap dst. Tapi disitu belum sampai membuat aku tergugah untuk mendengarkan musik Koil, sampai akhirnya nonton youtube-nya Vincent dan Desta yang ini.

Gara-gara video youtube diataslah akhirnya aku memutuskan untuk coba deh mendengarkan musiknya. Bukan melalui platform streaming music tapi nonton aksi panggungnya di Syncronize Festival terlebih dahulu. Itu merupakan pertunjukan musik metal yang rapi secara musik, sound yang bagus dan keren secara aksi panggung, yang gak keren cuman satu, penontonya, hahaha. Nah mulai dari situ barulah pindah ke platform musik iTunes, lagi-lagi dengan kualitas audio yang bagus bikin tambah menikmati musik aliran keras ini.

Setelah banyak lagu-lagu koil yang aku dengarkan akhirnya mencoba untuk menganalisa cara menikmat musik metal. Ada dua cara utama untuk menikmati musik metal. Kita bahas mulai dari yang pertama.

Gunakan Headphone

Harus sih ini gak bisa engga, ini jadi langkah pertama menikmati musik metal, yaitu menggunakan headphone, earphone, headset dan sebangsanya. Gak bisa kita menikmati musik metal dengan sound seadanya dari laptop atau speaker handphone. Ada perbedaan tekanan saat menikmati distorsi gitar dan dentuman bass dari drum yang ditabuh antara menggunakan headphone dan tidak. Dan ini menentukan.

Headphonenya juga tolong jangan yang kualitas 10ribuan atau 20ribuan ya. Minimal 70ribu lah. Hahaha. Dengan kualitas yang agak basshead gapapa deh, syukur-syukur yang all around.

Mood yang Sesuai

Menikmati musik metal gak bisa disemua mood. Ini harus diakui sih. Mood yang gak bisa dipake buat dengerin musik metal adalah mood romance atau sedang jatuh cinta. Itu gak bisa banget. Mood-mood lain bisa banget kayak lagi happy, dengerin musik metal akan bawa semangat, atau sebaliknya lagi banyak kerjaan, ada temen kantor yang suka nyantet kerjaan jadi gak beres-beres lalu kesel, nah itu bisa banget balikin mood dengan dengerin musik metal.

Atau sedang depress, setiap orang punya masalahnnya sendiri-sendiri seperti Om Deddy Corbuzier bilang hari ini pas wawancara sama Sheila Marcia. Dengan musik metal bisa menyalurkan perasaan itu dengan cair.

Aku pikir musik metal ini bisa banget dipake untuk terapi orang-orang yang sedang dalam keadaan tidak baik. Energi negatif, emosi bisa larus dalam dentuman bass daram dan distorsi gitar yang cadas. Mungkin itu sebabnya Pak Jokowi, seseorang yang punya tanggung jawab besar dari muda baik sebagai pengusaha maupun pejabat hobi mendengarkan musik metal.

Mau coba mendengarkan? Kalau iya, maka saya sarankan dengarkan lagu-lagu koil di album berikut ini di Spotify.

Keras tapi masih ada unsur harmony melodiknya.

2 comments

  1. grup metal paling manis menurutku metallica, sampe bela-belain nonton konsernya di Jakarta. musik metal buatku wajib disetel untuk menumbuhkan mood saat dilanda malas kerja hahaha… tapi kadang kalo lagi sedih, setel metal jadi hanyut dan terluapkan segala kesedihan. lalu pulih (untuk hari itu) hahaha

    1. yeah, metallica salah satu band metal yang musiknya enak didenger juga memang. soal nonton kayaknya ada cerita sendiri ya kalau gak salah, Kang MT nonton sama Kang Hendra terus naik motor tapi semacam ketiduran gitu sampai Bogor, epic. Hahaha
      Iya euy, ternyata musik cadas sangat amat bisa membuat mood jadi lebih baik. Salam metal (tapi bukan salam PDIP) wkkkkk

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.