Menghabiskan Waktu di Taman Heulang

Ketika kamu menjadi Ayah, ada saatnya waktu untuk menghabiskan waktu bersama anak-anakmu berdua saja tanpa Ibunya yang mungkin sedang me time entah ke salon atau berkumpul dengan teman-temannya.

Seperti halnya pagi itu di hari Sabtu, Ibun (Ibu Uun panggilan kami untuk Ibunya anak-anak) ada acara kumpul-kumpul setelah lebaran bersama komunitas jualannya yang tergabung di komunitas LE Baraya. LE itu singkatan dari Langsung Enak, ajaibnya perkumpulan ini ada di setia kota di Indonesia. Isinya ya Ibu-Ibu yang berjualan aneka jenis produk yang dikumpulkan di satu whatsapp group. Acara kumpulnya di Taman Heulang, Bogor, salah satu taman kota yang direvitalisasi di jamannya pemerintahan Bima Arya.

Untuk revitalisasi taman ini saya harus mengapresiasinya, yang tadinya banyak alang ilalang menjadi taman yang asik untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak maupun teman-teman.

Sembari menunggu Ibun yang sedang kumpul-kumpul disalah satu dari 3 gazebo yang ada di Taman Heulang, saya mengajak dua anak saya Hasya dan Ken (5 dan 3 tahun) untuk menghabiskan waktu disana. Karena acaranya sendiri kurang lebih dari Taman jam 10 pagi sampai dengan makan siang artinya kami punya waktu kurang lebih 2 jam untuk dihabiskan.

Apa saja yang kami lakukan disana?

Berkeliling Taman

Taman Heulang kurang lebih berukuran panjang kali lebar lebih dari 100m x 100m, bisa untuk lari mengelilinginya, tetapi yang kami lakukan adalah hanya berkeliling taman mengikuti jalan setapak yang dibangun.

Beli Mainan dan Mainkan di Taman

Di sekeliling Taman terutama hari Minggu biasanya banyak tukang mainan, mulai dari odong-odong, mainan panjing ikan, pasir ajaib dan lain-lain. Karena hari itu hari Sabtu, setelah berkeliling kami hanya menemukan tukang kicir angin alias kolecer. Kami beli dan memainkannya. 🙂

Jajan jajanan

Di sekeliling taman banyak penjualan makanan dan minuman mulai dari yang berat sampai yang ringan. Mari kita absen dari kang telur gulung, kelapa muda, kopi, pecel madiun, bakso, ketoprak, cingcau, aneka minuman dan masih banyak lagi. Siapkan duit yang banyak.

Untuk hari itu kami beli es cingcau yang cingcaunya baik untuk kesehatan karena mengandung banyak serat dan meredakan panas dalam. Yang menarik kang cingcau disana punya kemasan hemat untum anak-anak seharga 3000, jadi porsinya pas untuk anak-anak, tidak ada yang terbuang, langsung habis.

Belajar Fotografi

Beberapa kali main di Taman Heulang saya menemukan beberapa komunitas fotografi yang sedang hunting foto disini. Memang tempatnya cukup representatif kok untuk hunting foto, banyak spot atau setidaknya bermain human interest dengan banyaknya orang dan kegiatannya.

Pipis dan Cuci Tangan

Main di taman untuk anak-anak itu dijamin kotor, belum lagi mana bisa tahan pipis. Untungnya di Taman Heulang disediakan toilet gratis yang sangat representatif yaitu bersih dan airnya banyak. Gak usah ditahan jika anak ingin “explore” taman ini.

Tak terasa yang kami lakukan sudah 2 jam lebih dan Ibun sudah selesai dengan acaranya. 2 jam yang sangat tidak terasa bahkan anak-anak pun belum terlihat bosan. Taman Heulang taman yang menyenangkan. 🙂

2 thoughts on “Menghabiskan Waktu di Taman Heulang

Leave a Reply