Mengejar 5 Sukses Ramadhan

Setiap tahunnya,  setidaknya ada 5 sukses Ramadhan yang sebaiknya selalu diusahakan untuk dapat diraih.

1.Sukses Puasa

Secara harfiah, puasa artinya menahan diri dari makan dan minum sejak fajar sampai matahari tenggelam. Namun sesungguhnya puasa lebih luas daripada itu, yaitu menahan diri selain lapar dan dahaga juga menahan diri dari segala nafsu jelek seperti marah, bergosip dan lainnya yang dapat mengurangi pahala puasa itu sendiri.

2.Sukses Qiyamul Lail / Tarawih

Kita biasa menyebuthnya dengan sholat tarawih. Asal katanya sendiri dari kata “tarwih” yang berarti mengambil istrihat. Berdasarkan ceritanya, dahulu kala, Nabi Muhammad dalam sholat ini selalu istirahat diantar sholatnya. Hal ini karena bacaan yang dibaca Nabi merupakan bacaan yang panjang seperti surat Al-Baqarah dan lainnya. Sholat ini walaupun sunnah tapi hampir selalu dilaksanakan Nabi. Aslinya ya sholat tahajud, namun khusus Ramadhan oleh Nabi dilaksanakan dengan mempercepatnya setelah sholat Isya, supaya tidak terlewat.

3.Sukses Tadarus Al-Quran

Disebutkan bahwa pahala untuk 1 huruf yang dibaca adalah 10 kebaikan, dan tiap-tiap kebaikan dilipatkan menjadi 700 kali bahkan tak hingga. Satu hurup berarti dalam surat pertama AL-Baqarah “alim lam mim” dihitung 3 huruf. Terbayang kan berapa besar pahalanya jika selama bulan Ramadhan bisa mengkhatamkan bacaan Al-Quran. Untuk bisa mencapai sukses ini, caranya harus ditarget, misalnya 1 hari 1 juz, pelaksanaanya jika lancar paling 1 jam bisa khatam 1 jus, bisa dikhususkana waktunya 1 jam langsugn atau dibagi menjadi beberapa bagian misalnya 10 menit sehabis sholat wajib. Mudah-mudahan mudah. 😀

4.Sukses Lailatul Qodar

Lailatul Qodar merupakan malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. Dikatakan setiap ibadah yang dilaksanakan pada malam itu maka pahala kebaikannya dilipatgandakan sebanyak 1000 bulan atau kurang lebih 80 tahun. Misalnya kita sholat sunnah 2 rakaat, maka pahalanya seperti sholat sunnah 2 rakaat selama 1000 bulan. Nah, tantangannya adalah malam kapannya kita tidak pernah tahu,yang jelas ada di 10 malam akhir Ramadhan. Solusinya, 10 malam akhir harus dikejar.

5.Sukses Zakat Fitrah

Sebagai ibadah penutup dan wajib, zakat fitrah tidak boleh terlewat. Disebutkan bahwa amalan kita selama bulan Ramadhan belum sampai kepada Allah sampai zakat fitrah ditunaikan. Jadi fungsi zakat fitrah adalah mengesahkan amalan selama bulan Ramadhan agar diterima oleh Allah. Syarat sahnya adalah dibayarkan sesuai dengan apa yg sehari-hari kita makan sebagai makanan pokok. Jika terbiasa makan beras cianjur, maka yang dibayarkan adalah beras cianjur, jika terbiasa makan roti/gandum berarti zakat fitrahnya harus berupa roti/gandum juga. Waktu pelaksaannya pun harus sebelum dilaksakannya sholat Idul Fitri. Jika sesudahnya maka zakat fitrahna tidak sah.

Semoga kita semua bisa memperoleh 5 sukses Ramadhan di tahun ini. Amin. Selamat berpuasa teman-teman, semoga sukses mengejar kesuksesan Ramadhan. 🙂