Memperbaiki Layar Tab Asus Fonepad #Menulis29Hari #Hari2

Anak saya yang pertama, si Hasya sudah dibelikan sebuat tab beberapa bulan yang lalu. Salah satu alasan kenapa akhirnya dibelikan yaitu karena biasanya Hasya ini akan pinjam punya emaknya yang ujung-ujungnya rusak. Pfffft. Walaupun pada kenyataannya rusah karena iler si Ken, anak kedua saya. Oleh karena itulah diputuskan bahwa anak-anak ini butuh tab supaya punya mainan sendiri dan lebih mudah mengontrolnya. Akhirnya dibelilah tab Asus Fonepad 7 second. 😛 Iya second, ngapain beli baru kalau cuman buat mainan dan kemungkinan rusaknya *ya taulah anak2* itu tinggi. Selain prinsip ekonomi sih, muahahaha.

Kemungkinan rusak itu akhirnya menjadi kenyataan. Seminggu yang lalu tiba-tiba emaknya mengirim video tab yang layarnya putih, bergaris-garis dengan keterangan “Yah, tab Hasya rusak”. Pfffft. Dalam hati, fyuh, untung aja beli second. Dan kemudian dibalas dengan “Oke, nanti aku cek di rumah ya”.

Figure 1Layar LCD Asus Fonepad yang goyang dan bergaris

Sampai di rumah langsung dicek itu tab. Benar aja, memang rusak, setiap dinyalain layarnya cman putih, kadang-kadang bergaris macam TV ga dapet sinyal siaran yang bagus. Fyuh, harus beli lagi deh. Tapi saat itu sengaja tidak langsung beli, selain sayang uangnya *merki* dan alasan lainnya biar Hasya bisa hidup tanpa Tab-nya. Sekitar seminggu tanpa Tab dan bisa loh, anak pintar. Tapi kadang-kadang klo emaknya pegang handphone, Hasya suka bilang “Tab acaa”. Hehe

Seminggu sejak Tab itu rusak, akhirnya ada ilham untuk googling, kira-kira biaya service kalau di service berapa ya. Woow, ternyata harga LCD penggantinya aja paling mahal 200rban. Murah juga, kalau biaya servicenya 100rb berarti Cuma 300ribu dong. Kemudian berpikir lagi, jangan-jangan bisa diservice sendiri. Akhirnya googling lagi dengan keyword “Memperbaiki LCD Tab Asus bergaris”. Taraaa…keluarlah beberapa link. Dan ada satu yang persis sama, walau bukan perbaikan LCD tapi lebih ke cara bagaimana mempreteli Asus Fonepad 7 ini. Dan beberapa googling “Memperbaiki LCD Goyang” lumayan kasih petunjuk langkah-langkah perbaikan sendiri sebelum menyerah ke tukang service.

Dengan menggabungkan beberapa artikel yang dibaca, akhirnya memberanikan diri untuk membongkar itu Tab dengan bantuan alat congkel dari pisau lipat yang ada di alat gunting kuku. Setelah bongkar dan coba dikencangkan soket LCDnya lalu dinyalakan kembali hasilnya taraaaa…layarnya kembali sehat. Hoho. Tapi masih bergaris-garis. Lalu dibongkar lagi dan coba mengencangkan 2 soket LCD yang lain. Ternyata ada 3 soket LCD btw. Dan hasil akhirnya adalah *drum roll* taraaaa…kembali normal senormal-normalnya. Bahagianya menghemat sejuta *budget klo beli lagi*. 😀

Begitulah, ada kalanya barang-barang elektronik itu tak harus langsung dibuang lalu diganti dengan yang baru. Hihi.