Lapis Kekinian Talubi

Lapis Kekinian Talubi, Oleh-Oleh Bogor Yang Kekinian

Lapis Kekinian Talubi

Suka perhatiin ga sih kalau pulang dari Puncak Bogor sering kita dihadapkan dengan kemacetan yang panjang. Salah satu penyebab kemacetannya yaitu banyak yang pulang kembali ke kotanya ingin membawa oleh-oleh. Sepanjang jalan dari Puncak menuju Bogor itu memang banyak toko yang menyediakan oleh-oleh. Itu karena banyaknya wisatawan yang parkir keluar masuk ke toko-toko tersebutlah menjadikan jalanan semakin macet.

Memang Bogor sebagai kota tujuan wisata pastinya punya segudang oleh-oleh wajib dibawa untuk orang-orang di rumah. Rasanya ada yang kurang jika pulang dengan tanpa hampa. Oleh-oleh dari Bogor itu banyak banget, dari yang masih segar alias mentah, alias harus diolah lagi seperti talas, buah-buahan (pisang, bisbul *pasti pada gak tau buah bisbul :p) dan aneka sayuran segar sampai beraneka jenis makanan olahan seperti kue dan roti.

Kalau orang-orang ditanya satu kata yang identik dengan Bogor pasti salah satunya keluar kata Talas. Salah satu umbi-umbian ini memang identik banget dengan Kota Bogor. Buat yang gak mau repot-repot untuk mengolahnya, beli aja olahannya. Salah satunya dalah Lapis Kekinian Talubi dari Bika Bogor Talubi. Penasaran kan seperti apa sih Lapis Kekinian Talubi, baca terus.

Saya diberi kesempatan untuk nyicipin Lapis Kekinian Talubi  dari Bika Bogor Talubi ini seminggu yang lalu. Kok bisa?Keliatannya sih karena saya sempet menjadi kontributor di hellobogor.com. Disana memang sempat beberapa bulan menjadi kontributor, boleh dicek tulisannya disini dan disini. Haha, promote diri boleh ya. Lalu tetiba ada message di IG yang masuk menanyakan mau icipin Lapis Kekinian ga?Ya iyalah mau, rejeki gak boleh ditolak kan. :p Akhirnya sehari kemudian dikirimi kue-nya, kirain cuma satu, gak tanggung-tanggung dikirimin tiga. *lap iler :9

Lapis Kekinian Talubi
Lapis Kekinian
(dari kiri ke kanan)
Talas Greentea, Merah Putih, dan Talas Original
Tiga Varian Lapis Kekinian Talubi Yang Menggoda
Tiga Varian Lapis Kekinian Talubi Yang Menggoda. Merdeka!!!

Oke saya akan berusaha seobjektif mungkin untuk mereviewnya. Dengan prinsip “rejeki gak boleh ditolak” maka ini lah dia reviewnya.

Lapis Kekinian Talubi Talas Orignal

Satu varian dari lima jenis varian ini mengusung judul original. Ekspektasinya rasanya tidak akan bercampur dengan aneka rasa dan toping lain selain rasa talas itu sendiri. Dari tampilannya duh menggugah lidah ya. Toping alias bagian luarnya, hmm, saya sulit menjelaskannya, ada garing-garing tipis remah-remah entah terbuat dari apa tapi menambah tekstur keseluruhan kue jadi ga monoton. Tau lah ya kalau Lapis Bogor yang sudah terkenal itu kan terdiri dari bolu rasa ralas ditambah toping keju. Nah ini memang berbeda, lapis talas-nya dilindungi oleh bolu lembut seperti bolu golung. Ditengahnya adalah lapis talas dan ubi yang diantara lapisannya itu ada selapis croissant tipis dan cream vanila yang lembut. Lebih jelasnya biar foto yang berbicara.

Lapis Kekinian Talubi Talas Orignal
Lapis Kekinian Talubi Talas Orignal

Untuk rasanya cukup terasa talas dan ubi-nya, bagian lapisnya itu terbuat dari tepung talas dan ubi jadi ya memang seharusnya rasanya demikian. Rasa manisnya pas dan jujur aja overall tekstur kue-nya ga monoton, ada topingnya yang bukan cuma keju, lembut bolu, lapis talas dan ubi, lapisan cream vanila dan lapisan croissant tipis itu bikin tekstur kuenya kaya. Ga heran sih dikasih nama Lapis Kekinian.

Lapis Kekinian Talubi Talas Greentea

Untuk varian ini punya cita rasa yang paling beda. Kentara banget Greentea-nya. Toping luarnya dilapisi oleh…hmm…pernah makan choco granule?nah ini dengan tekstur yang sama namu bercita rasa greentea. Bolunya punya rasa greentea yang kuat. Greentea bangetlah. Isiannya diisi lapis yang sama, beserta cream vanila dan lembaran tipis croissant. Penggila greentea wajib dibawain yang ini.

Lapis Kekinian Talubi Talas Greentea
Lapis Kekinian Talubi Talas Greentea
Ini yang paling kerasa banget rasanya

Lapis Kekinian Talubi Merah Putih

Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 72 Lapis Kekinian membuat varian spesial yaitu Lapis Kekinian Merah Putih. Varian ini hanya ada diantara tanggal 14-20 Agustus. Dan ini berarti hari ini hari terakhir pas tulisan ini di publish. :O

Taburan topingnya tidak terlalu punya rasa yang unik, tapi teksturnya seperti Greentea, granule-granuel seperti butiran choco granule di capucino. Overall rasanya seperti red velvet. Seru kan bawain oleh-oleh yang “Indonesia banget”. Hari terakhir loh ini, jika terlewat ya tunggu tahun depan aja kali ya, semoga Bika Bogor Talubi bikin lagi tahun depan.

Lapit Kekinian Talubi Merah Putih
Lapit Kekinian Talubi Merah Putih
Cuma ada di tanggal 14-20 Agustus 2017

Varian Lainnya

Ada tiga varian lainnya yang belum diicipin. Kirimin lagi dong *ngelunjak :p* yaitu Lapis Kekinian Talubi Redvelvet Vanila, Lapis Kekinian Talubi Talas Orea, dan terakhir Lapis Kekinian Talubi Cokelat. Dari nama-namanya aja sudah kebayang ya rasanya. Mungkin kalau pulang kampung saya akan bawain untuk orang-orang di sana. Waktu dibawain Lapis Bogor sih suka, apalagi yang kekinian kayak Lapis Kekinian Talubi ini kali ya.

Untuk harga, semua seharga Rp25.000,00 saja per pcs untuk ukuran 20cm x 10cm x 10cm. *Ini kira-kira aja ukurannya karena lupa ngukur dan keburu abis :p.Murah meriah dan enaak. Tapi istri saya nyonya @untsu sih bilang kurang suka cream vanilanya. Ya selera orang berbeda-beda sih, tapi buat saya sendiri sih suka sama si Lapis Kekinian Talubi ini.

Buat mendapatkan Lapis Kekinian Talubi dari Bika Bogor Talubi ini ada di tiga tempat resminya yaitu:

  1. Jl. Pajajaran 20M, Bogor. ( ini di seberang Bale Binarum, searea dengan Ruko Lapis Bogor Sankuriang itu loh)
  2. Jl. Sholeh Iskandar 18B, Bogor.
  3. Jl. Raya Gadog Sebelah Vimala Hills, Puncak Bogor.

Oiya, untuk tanya-tanya ketersediaannya, atau barangkali nyasar atau bahkan mau dikirim ke rumah atau hotel (karena klaimnya sih bisa diantar) maka silakan hubungi kontak Bika Bogor Talubi di bawah ini:

WA: 0888-4829-629
Line : @bikabogor

Bocah Mesti Doyan
Ken suka banget!
Bocah Mesti Doyan

Enak kan bisa diantar, ga usah repot-repot ngantri, tau sendiri kalau weekend tempat oleh-oleh itu ngantri-nya udah kayak pembagian sembako. Jadi kalau ada yang enak ngapain beli yang mahal? Buruan gamit deh alternatif oleh-oleh dari Bogor biar makin kekinian.

FYI: Talubi itu akronim dari Talas dan Ubi, dua tanaman yang tumbuh subur di Bogor.