Kroznat Bogor

Setelah sekian lama lirik-lirik manja penuh rasa penasaran ke salah satu billboard yang lumayan gede di jalan pajajaran Bogor, akhirnya minggu kemarin kesampaian juga untuk mampir. Tulisannya dominan ungu penuh warna-warna yang setiap anak kecil pasti suka warnanya. Disitu ada tulisan “Kroznut”. Apalah itu, donat jenis baru kah?

Letaknya ada di sebelah kiri jalan kalau kamu masuk ke jalan pajajaran dari arah Tajur atau plaza Ekalokasari. Ga jauh dari Mie Jogja Pak Karso yang duluan terkenal, persis setelah jalan masuk ke sekolah Kesatuan, ada di jajaran ruko posisi pertama bersebelahan dengan Bank BNI dan dealer Mitsubisi. Dengan papan tulisan yang genjreng, pokoknya letaknya catchy banget dan enak buat diparkirin. (*lah tapi jangan jadi tukang parkir juga ya :p)

Kroznut ini baru sekitaran mungkin 6 bulan kurang kali ya hadir disana jadi emang termasuk baru. Tempatnya sendiri asik, ada deretan meja kayu dan sofa di sebelah kiri ketika pintu masuk di buka. Di hadapan ketika masuk, langsung disuguhi semacam display dari kroznat ini. Disini saya bisa pilih-pilih kroznat apa yang mau dibeli. Bentuknya sih semua sama seperti donat pada umumnya yaitu bolong di tengah, tapi topingnya aja yang beda-beda. Beberapanya ada mango tiramizu, anzel’s original (*katanya sih ini yg ori banget), auntie jumbo red velvet dan masih banyak lagi sekitar belasan jenisnya.

Hasil merasakan sendiri dan tanya-tanya sedikit juga googling. Kroznut ini ternyata adalah jenis cemilan baru yang lagi booming di ameriki sono, jadi cemilan ini perpaduan antara croissant dan doughnut. Simpel kan croissant + doughnut = kroznat. Muahaha. Sengene toh. Memang ketika dirasakan si donat aneh ini punya tekstur kaya croissant, berlapis-lapis gitu agak-agak crispy. Bayangkanlah makan croissant yang berbentuk donat yang lebih lembut dari croissant biasanya, nah kaya gitu. Plus toping jangan lupa.

Satu piece-nya dihargai sekitar Rp10.000,- ada juga yang lebih dikit, tergantung topingnya. Serunya disini, setiap pesan baru deh ditambahin topingnya sama pelayannya. Jadi semacam fresh from the oven gitu, hehe. (*eya tapi cape kali ya kalo yang order banyak :p). Liat aja nih dokumentasi di bawah pas mas dan mbaknya bikinin pesanan saya.

Mas dan Mbak penjaga lagi bikinin toping diatas kroznat yang jadi.
Mas dan Mbak penjaga lagi bikinin toping diatas kroznat yang jadi.

Yang jelas buat nongkrong tempatnya asik, nyaman banget. Dan si mbak dan mas-nya yang melayani juga ramah. Lirik-lirik sih selain ada kroznat disini juga dijual makan berat. Untuk minumannya tidak ada yang istimewa, standar caffelah. Juga kalau kamu masuk ke bagian paling dalam, dipejeng juga beberapa oleh-oleh khas Bogor. Salah satunya ada sirup pala. (*kalau tau es pala Gang Aut, nah ini ada sirup botolannya, asik kan).

Oke, nambah lagi tempat nongkrong di Bogor yang enak buat makan-makan ringan sampai berat sambil ngobrol-ngobrol. Makanan enak, tempat parkir luas (*ga dipinggir jalan pisan), suasana nyaman. Boleh dicoba kakak kalau mampir ke Bogor. 🙂

Nyonya dan Hasya icip-icip Kroznat
Nyonya dan Hasya icip-icip Kroznat

* Note : sekadar catatan, kroznat ini berminyaknya terasa, kalau dibawa pulang di box-nya tertulis kalau lebih dari 4 jam sebaiknya langsung dimasukan ke lemari pendingin.