Hajatan Blo9or 2017

Dari berbagai komunitas yang pernah saya ikuti, usia sembilan tahun adalah sebuah prestasi tersendiri. Tidak usah bicara prestasi, masih eksis saja sudah sebuah kemewahan, begitulah kira-kira lika-liku komunitas. Dan inilah dia, komunitas #BLO9OR pada tahun 2017 ini genap berusia sembilan tahun, komunitas yang berisi kumpulan blogger yang beralasi dengan Bogor.

Hari jadi Blogor sendiri aslinya adalah tanggal 24 Agustus, namun karena satu dan lain hal, dan juga demi meriahnya acara, akhirnya hajatan dirgahayu Blogor ke 9 ini jatuh di tanggal 30 September 2017. Terbukti dari banyaknya anggota yang hadir dan undangan komunitas lainnya dalam hal ini Bogor Runner, acara hajatan Blogor semakin meriah. Tidak lupa juga berbagai doorprize yang banyak banget semakin memanaskan acara.

Tahun ini sebagai partner venue, Blogor menggandeng Coffee Toffee Indonesia, @KitaFoodie, dan 10 Thrones Creative Networks yang berbaik hati menyediakan tempat untuk ririungan anggota Blogor. Bertempat di Coffee Toffee Pos Shop, Cibadak yang lokasinya persis di sebelah Kantor Pos Cibadak, Jl. Sholeh Iskandar KM 2. Sebagai informasi, Coffee Toffee Pos Shop Cibadak ini adalah cabang ke 155 di seluruh Indonesia dan cabang kedua di Bogor (satunya ada di Jalan Pandu Raya). Coffee Toffee juga mengkampanyekan #YesIDringIndonesiaCoffee dalam bisnisnya, artinya Coffee TOffee selalu menggunakan biji kopi terbaik dalam negeri untuk pecinta kopi di Indonesia. Singkatnya kopi di Coffee Toffee ini dari Indonsia, oleh Indonesia dan untuk Indonesia #YIDIC.

Hajatan #BLO9OR kali ini mengusung tema  digital life dengan talkshow berjudul “Digital Persona & Branding Strategy”. Dan sebelum lanjut apa itu digital persona dan branding strategy ada baiknya rewind ke belakang. 😀

Acara yang semula dijadwalkan jam 9 pagi, ternyata molor sangat, bahkan acara intinya dimulai jam 11:30 :p. Indonesia sekali 🙂 tapi molornya acara ini lumayan tertutupi oleh sudah lamanya Blogor tidak kopi darat alias bertemu. Jadi akhirnya sambil menunggu, para peserta yang datang banyak update kabar dan berkenalan, maklum jaman now kebanyakan ketemu di dunia maya, dan ini malah seru sekali.

MC / Moderator Dadakan *maaf ya kalau ada salah-salah kata, hampura*

Selain itu saya yang melihat teman-teman yang menyiapkan acara ini kelimpungan akhirnya men-take over tugas MC, jadilah moderator atau MC dadakan ala-ala. Pernah sih jadi MC, tapi itu sudah lama sekali di jaman kuliah. Mendaulat diri jadi MC dadakan ternyata seru juga karena diawal acara sambil mengisi kekosangan waktu, kami semua berkenalan, mulai dari nama, kegiatan, tukaran akun medsos dan lain-lain. Terseru adalah, bisa tanya-tanya mereka sesuka hati *devil smirk* sampai ada yang saya tanya kenapa pake nama alias di akun medsos, wkkkk. Aku puas aku puas. *devil smirk*

Digital Persona

Di era digital jaman now, siapa sih yang gak punya akun medsos. Apalagi anak-anak millenials, medsos adalah kehidupan sehari-hari. Ada sesuatu yang penting di dunia digital mengenai diri yaitu digital persona. Apa sih persona, menuru Carl Jung, dari sudut pandang psikologi, persona adalah kepribadian yang tercipta diluar kepribadian asli seseorang. Berarti buatan dong?Iya, dan itu yang menjadi concern.

Materi ini dibawakan oleh Kang Anwar dari @HibrKraft selaku Marketing Coordinator Officer. Sebagai orang marketing, Kang Anwar concern sekali dengan persona branding dari produknya. Kang Anwar menjelaskan apa itu persona branding, impact-nya, how to develop  persona branding sampai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam persona branding. Materi ini penting bukan hanya untuk orang marketing, tapi pribadi pun butuh persona branding. Poin utama dari penjelasan Kang Anwar ini adalah walaupun dalam dunia digital atau dunia maya, tetaplah menjadi diri sendiri.

Improving Digital Softskill

Materi kedua ini dibawakan oleh Kang Finka Ernawan dari @GoodNoteID. Kang Finka menyampaikan pentingnya digital awarness melalui berbagai digital platform. Kenapa?Karena digital platform hanyalan media atau alat untuk menyampaikan sesuatu sedangkan tujuannya diciptakan atau ditentukan oleh pengguannya. Oleh karena itu softskill dan mindset digital perlu ditingkatkan. Mulai dari goal centric thinking, communication skill, collaboration skill, troubleshooting skill, learning skill merupakan area-area yang menentukan tercapainya tujuan yang sudah ditetapkan melalui platform digital. Dan terakhir dan sebagai kuncinya adalan playfullness.

@GoodNoteID tercipta dari kata kunci yang terakhir, playfullness dimana ketika kuliah, Kang Finka dan kawan-kawan yang hobi mencatat berpikir bagaimana caranya agar mencatat itu semakin menyenangkan. Dari titik itulah akhirnya Kang Finka dan kawan-kawan menciptakan @GoodNoteID, yaitu buku catatan atau notes yang dibuat sedemikian rupa sehingga penggunanya senang menuliskan sesuatu di dalamnya.

Google My Business

Raksasa teknologi satu ini memang paling bisa memanjakan manusia. Iya manusia karena yang terkena impact dari service mereka tidak terbatas warga net, tapi sudah mencakup keseluruhan hidup manusia, salah satunya adalah bisnis atau dunia usaha.

Materi ini yang merupakan materi terakhir dari rangkaian acara hajatan Blogor dibawahkan oleh Pupuhu atau Ketua Blogor berjalan, Kang Hendra. Beliau adalah salah satu dari dua official fotografer untuk foto 360 loh. Google my business merupakan layanan dari google untuk dunia usaha. Orang-orang yang punya usaha bisa memanfaatkan layanan satu ini melalui aplikasinya secara gratis.  Keuntungannya ketika usaha kita sudah didaftarkan adalah dalam keywaord tertentu maka usaha kita akan di promosikan oleh google. Mulai dari katalog produk sampai kontak yang bisa dihubungi.

Dirgahayu Blo9or

Disela-sela acara talkshow, terselip acara potong kue yang kue-nya sendiri dibuatkan oleh Bunda Desi dari @kafeserambi. Beliau merupakan salah satu senior dan beserta suaminya adalah termasuk founder Blogor. Kue yang enak dan peserta yang seru makin membuat acara potong kue ini seru banget. Kuenya memang spesial, homemade dan kayaknya gak ada yang jual deh. Bocoran Bunda Desi sih ini rusian cake, tapi sayangnya saya gak bisa mencicipi berhubung puasa.

Dan paling keren adalah hajatan Blo9or kali ini banyak banget disupport dari berbagai partner, dipastikan semua yang datang kebagian doorprize. Dari @SunprideID saja membagikan lebih dari 20 paket buah-buahan segar, juga dari @RTOClothing yang dimiliki oleh member Blogor Kang Rizwan, juga berbagai titipian doorprize dari anggota Blo9or lainnya. Sampai-sampai dibilang kalau sampai gak kebagian satu aja doorprizenya berarti sial pake banget.

Dirgahayu Blogor ke 9, semoga selalu jaya di dunia nyata dan maya juga terus eksis juga berprestasi. Blogor makin kasohor. Amin.

Note : All photo’s credit to all member Blogor *comot sana comot sini 😀