Edukasi Gizi Seimbang pada Anak dalam Festival Gizi Anak bersama PAUD Binaan Danone

Pada hari Sabtu minggu lalu, 27 Januari 2018, di grup whatsapp Blogor ada informasi akan ada Festival Gizi Anak dari Danone. Untuk Blogor saat itu diberi lima kuota undangan yang bisa dimanfaatkan. Undangan tersebut khususnya buat orang tua yang punya anak berumur 3-6 tahun. Acaranya sendiri akan dilaksanakan pada hari Selasa, 30 Januari 2018 di Kebun Raya Bogor. Untuk syarat orangtua anak umur 3-6 tahun itu udah saya banget. Sayangnya sebagai karyawan, acara-acara di weekdays seperti itu tidak mungkin untuk diikuti, kecuali cuti.Ā  Padahal acaranya sendiri menarik karena bertema parenting.

Tidak kurang ide, saya pun mengajukan Ibu Uun (*istri saya) untuk ikut acaranya dan kebetulan Ibu Uun pun tertarik untuk ikut acaranya. Hitung-hitung refreshing ke Kebun Raya Bogor gratis. šŸ˜€

Voila, diizinkan! Akhirnya sah sudah Ibu Uun berikut duo krucil Hasya dan Ken ikut acara Festival Gizi Anak oleh Danone. Tidak ada brief acaranya akan seperti apa. Jadi kami berdua tidak punya ekspektasi apa-apa terhadap acaranya. Jadi seharian itu saya hanya dapat update dari Ibu Uun tentang hmm..duo krucil yang hujan-hujanan di Kebun Raya Bogor. Dasar anak kecil, gak bisa liat lapangan dan air. -___-

End of day hari Selasa, 30 JanuariĀ  2018, sesampainya di rumah, saya pun interograsi Ibu Uun untuk mengetahui “ngapain aja” selama acara Festival Gizi Anak.

Dan ini dia cerita Ibu Uun mengenai acaranya:

Ibu Uun

Selasa pagi itu hujan cukup deras. Agak ragu untuk datang acara Festival Gizi Anak karena hujan yang tak kunjung reda. Janjian dengan Mba April untuk dateng bareng pun tidak jadi karena kuatir tunggu-tungguan. Jadinya kami janjian langsung ketemu di TKP.

Jadwal acaranya dimulai jam 8. Aku sudah sampai di TKP jam 8:30, agak telat, tapi ternyata acaranya lebih telat lagi karena rombongan bis dari Jakarta belum juga sampai. Di Kebun Raya, di area lapangan dekat Cafe yang dulu bernama Cafe Dedaunan sudah didirikan tenda, jadi aman kalau hujan lagi.

Lomba Susun Puzzle dengan kostum buah dan sayuran
Hujan tak menyurutkan Ibu-Ibu orang tua PAUD Mekar dan PAUD Cerdas dalam khusuknya acara šŸ˜€

Acaranya dimulai dari beberapa sambutan dimulai dari Yayasan Yasmina oleh Ibu Iis Istiqomah sebagai yayasan partner Danone dalam edukasi gizi. Juga ada sambutan dari Danone-nya sendiri oleh Ibu Waila Ningsih, Sustainable Development Senior Manager Danone Indonesia.

Ibu Waila Ningsih mengharapkan dengan karakter Piru dan Tumpi, anak-anak PAUD binaan Danone yaitu PAUD Mekar dan Cerdas dapat lebih mudah mengerti kebutuhan gizi mereka serta berbagai jenis makanan sehat dengan gizi seimbang untuk mereka konsumsi sehari-hari.

Serta terakhir ada sambutan dari Pejabat Dinas dari Nutrisionis Kantor Dinas Kesehatan Kabupatan Bogor yaitu Ibu Saadiah yang memberi apresiasi acara Festival Gizi Anak dalam menyambut Hari Raya Gizi Nastional pada 25 Januari yang lalu.

Iis Istiqamah, Ketua Yayasan Yasmina memberikan kata sambutan dalam acara ā€œFestival Gizi Anakā€ yang diselenggarakan Danone Indonesia di Bogor, Selasa, 30 Januari 2018. Danone Nutricia berkerjasama dengan Yayasan Yasmina mengadakan ā€œFestival Gizi Anakā€ yang diadakakan dalam rangka Hari Raya Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2018 lalu.
Saadiah, Nutrisionis Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Pejabat Dinas memberikan apresiasi dalam kata sambutannya dalam acara ā€œFestival Gizi Anakā€ yang diselenggarakan Danone Indonesia di Bogor, Selasa, 30 Januari 2018. Danone Nutricia berkerjasama dengan Yayasan Yasmina mengadakan ā€œFestival Gizi Anakā€ yang diadakakan dalam rangka Hari Raya Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2018 lalu.
Wailayati Ningsih, Sustainable Development Senior Manager Danone Indonesia memberikan kata sambutan pada acara ā€œFestival Gizi Anakā€ yang diselenggarakan Danone Indonesia di Bogor, Selasa, 30 Januari 2018. Danone Nutricia berkerjasama dengan Yayasan Yasmina mengadakan ā€œFestival Gizi Anakā€ yang diadakakan dalam rangka Hari Raya Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2018 lalu.

Setelah sambutan-sambutan itu ada aksi beberapa anak yaitu pembacaan tilawah oleh anak PAUD Cerdas dan Mekar. Juga ada pentas menari anak-anak dengan kostum buah-buan yang lucu. Selain itu juga menjelang akhir acara anak-anak ada acara lomba-lomba gitu mulai dari lomba menyusun puzzle oleh anak-anak juga ada lomba bekal sehat oleh orang tua anak-anak PAUD ini.

Beberapa bekal sehat gizi seimbang yang sudah disiapkan untuk lomba
Bekal sehat gizi seimbang dengan karakter lucu
Bekal sehat dan gizi seimbang yang sudah didisplay dan siap untuk dinilai. Kreatif sekali bu ibu ini.

Juga terakhir ada peluncuran buku Panduan Isi Piringku 4-6 yang didalamnya katanya ada karakter Piru dan Tumpi dalam mengenalkan makanan sehar bergizi untuk anak-anak. Overall acaranya menyenangkan tapi sayangnya aku gak dapet bukunya, padahal penasaran banget sama isinya karena teranyata bukunya disusun oleh FEMA IPB dimana itu almamater aku sendiri.

Komitmen Danone

Dijelaskan oleh Karyanto Wibowo selaku Sustainable DevelĀ Development Director Danone IndonesiaĀ mengatakan bahwa, ā€œIni merupakan bentuk komitmen Danone bersama mitra kami untuk meningkatkan kondisi gizi anak pada PAUD binaan. Dengan menggunakan Panduan Isi Piringku 4-6 tahun yang tahun lalu diluncurkan oleh Danone, kami kembali mengedukasi guru PAUD, anak murid, beserta orang tua agar tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya.ā€

Lomba Bekal Sehat oleh Ibu-Ibu orang tua murid PAUD Cerdas dan PAUD Mekar
Lomba Susun Puzzle dengan kostum buah dan sayuran

Salah satu upaya dari edukasi gizi anak dari Danone untuk PAUD binaan adalah Festival Gizi Anak ini yang diselanggarakan di Kebun Raya Bogor. Semua stakeholderĀ dalam parenting yatitu guru, siswa dan orangtua PAUD Mekar dan PAUD Cerdas terlibat dalam berbagai acara yang menari seperti Lomba Mewarnai Buah dan Sayur, Lomba Bekal Sehat untuk Anak, Menyusun Puzzle Buan dan Sayur dan juga ada Booth Konsultasi Gizi. Selain itu di acara ini juga diperkenalkan karakter Piru dan Tumpi dalam buku saku “Mari Belajar Gizi Seimbang Bersama Piru dan Tumpi” untuk membantu anak belajar tengan gizi seimbang dengan mudah dan menyenangkan.

Tentang Danone Indonesia

Siapa yang tidak kenal Danone. Brand Aqua contohnya yang sangan melekat dengan masyarakatat Indonesia dengan tagline-nya “Ada Aqua?”.

Danone adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang dan beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia.

Di Indonesia, bisnis Danone terdiri atas tiga kategori utama, yaitu Air Minum dalam Kemasan dan Minuman Non Karbonasi, Nutrisi untukĀ Awal Kehidupan (Early Life Nutrition) dan Nutrisi Medis. Di Indonesia, Danone memiliki 23 pabrik dengan jumlah karyawan lebih dari 15.000 orang. Danone Group di Indonesia berkomitmen untuk menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang ramah dan ramah keluarga keluarga. Salah satunya dengan menerapkan kebijakan untuk mendukung tumbuh kembang anak di 1000 Hari Pertama Awal Kehidupan mulai dari anak di dalam kandungan hingga berusia 2 tahun.

Tentang PT Nutricia Indonesia Sejahtera

Sebagai salah satu brand dengan susu formula yang dikenal masyarakat Indonesia dengan produknya Bebelac dan Nutrilon (*pernah denger?), PT Nutricia Indonesia Sejahtera berkomitmen untuk memastikan tingkat kehidupan yang lebih baik untuk generasi sekarang dan akan datang melalui pemenuhan gizi pada tahap awal kehidupan. Nutricia percaya bahwa pemenuhan nutrisi selama 1.000 hari pertama akan berdampak seumur hidup.

Tentang Festival Gizi Anak

Saya sendiri percaya dengan makanan sehat dan bergizi, asupan tambahan seperti susu tidak menjadi poin penting lagi. Jika pemenuhan gizi dari makanan dan minuman cukup, anak-anak usia 2 tahun ke atas tidak terlalu memerlukan asupan tambahan berupa susu. Namun dalam kasus tertentu misalnya jika anak agak kurang makannya, susu akan menjadi penolong utama dalam pemenuhan gizi. Buku panduan Isi Piringku 4-6 saya pikir jika bisa diperluas lagi penyebarannya. Apalagi dengan Karakter Piru dan Tumpi, rasa-rasanya mengajarkan anak soal makanan sehat dan bergizi akan lebih mudah dan menyenangkan. šŸ™‚

6 thoughts on “Edukasi Gizi Seimbang pada Anak dalam Festival Gizi Anak bersama PAUD Binaan Danone

    1. Ah iya! Grand Garden Resto sekarang mah. Terkabul kang, hari ini hujan kan di seluruh Jabodetabek, seenggaknya bisa kebagian banjir-nya lah šŸ˜€

  1. Andai gak hujan pengen banget muterin KRB.
    Bukunya pas itu minta saat saya motret di atas panggung. Tapi katanya sih mau direvisi, moga2 dapat yg revisiannya ya šŸ˜€

Leave a Reply