Cara Menentukan Arah Kiblat Dengan Tepat

Mencoba untuk menjadi muslim yang baik adalah dengan terus memperbaiki amalan sesuai dengan ilmunya. Amalan yang paling pertama dihisab sesuai dengan dalil yang ada di Al-Quran dan Al-Hadist adalah amalan sholat. Jika sholatnya baik, maka baik pula amalan lainnya, jika sholatnya tidak baik, maka akan dihisab amalan lainnya.

Sebagaimana ibadah lainnya, sholat pun ada tata caranya dan salah satunya adalah menghadap kiblat. Ka’bah yang berada kota Mekah adalah patokan kiblat. Lalu bagaimana cara menentukan arah kiblat dengan tepat?

Cara konvensional adalah menunggu tanggal tertentu dan waktu tertentu ketika matahari tepat berada diatas Ka’bah yaitu ditanggal 28 Mei (plus minus dua hari) dan tanggal 16 Juli (plus minus dua hari juga). Ketika matahari tepat berada diatas Ka’bah, otomatis bayangan benda disaat itu akan tepat lurus dengan Ka’bah. Masalahnya ketika setahun hanya dua kali kesempatan untuk kalibrasi arah kiblat, maka untuk tempat-tempat yang baru harus menunggu masa itu. Dan itu kelamaan.

Ada cara yang lebih mudah dan akurat juga bisa dilakukan kapan aja, dimana aja. Caranya adalah dengan menggunakan google maps. Baik di browser PC maupun di perangkat smartphone kita. Perlu kompas?Ndak. Hebat kan, saya bisa jamin 99% akurat karena sudah saya cocokan dengan mesjid-mesjid yang sudah dikalibrasi arah kiblatnya dengan metode konvensional.

Baik di web browser PC maupun di Smartphone, prinsipnya sama saja. Saya akan kasih keduanya, via Android akan menggunakan gambar sedangkan melalu PC akan saya video-kan. Dan inilah cara menentukan arah kiblat dengan tepat via google maps.

Via Smarthpone

  1. Buka aplikasi google maps.
  2. Search Ka’bah dengan memasukan keyword Ka’ba di field pencarian.
  3. Drop Pin disekitar KabahKa'bah
  4. Pilih Measure DistanceKa'bah
  5. Kembali ke Lokasi yang mau dicocokan, tap disituMesjid atau Lokasi Incaran
  6. Sejajarkan bangunan dengan garis pengukur jarak yang tadi kita buat.

 Via PC Browser

Update 9 Oktober 2017

Thanks to Mas Reza Maulana yang share ini.
Ada cara lebih mudah lagi yaitu via smartphone lalu akses http://qiblafinder.withgoogle.com. Dari aplikasi itu kita bisa menentukan arah kiblat dengan tepat dan akurat tepat di titik kita berdiri. 🙂