life is journey that you can't rewind

Belajar Macro Photography

Macro photography dalam definisi versi saya adalah salah satu aliran fotografi dimana pemotret memotret object yang kecil dari jarak yang sangat dekat. Objek-objek yang difoto biasanya bunga atau serangga, itu pada umumnya. Jarak memotret pun biasanya ekstrim dekatnya, berkisar di antara 15cm-50cm.

Apa saja yang diperlukan dalam macro photography? paling ideal adalah lensa macro, jenis lensa yang memang dikhususkan untuk memotret makro. Apakah tanpa lensa macro tetap bisa?jawabnya tentu saja bisa, tapi hasilnya tidak akan maksimal.

Saya sendiri baru kurang lebih seminggu mulai memotret makro. Untuk objeknya sendiri saya pilih objek natural yang ada di alam. Jadi saya menyempatkan diri untuk hunting apapun di sekitar rumah. Ini menjadi kegiatan tersendiri selama pandemi COVID-19.

Untuk hasil foto-foto makro, saya upload ke Instagram saya di @paisuchen. Karena beberapa hari ini cukup banyak posting foto makro, saya sampai tidak enak sendiri terhadap follower. Dengan kualitas foto ala kadarnya, sok-sokan foto makro. Coba cek beberapa hasil favorit saya di bawah ini.

Yang menarik, setiap saya post foto makro di IG dengan hastag #macro #macrophotography, tak berapa lama yang me-like foto saya banyak orang dari luar negeri. Dan setiap saya cek isi feed mereka, alamaak, jauh lebih keren foto-foto makronya. Dan ini di bawah ini beberapa akun yang saya favoritkan.

https://www.instagram.com/fatah_lifary

Untuk keperluan macro photography ini saya menggunakan gear yang sederhana yaitu sebuah kamera mirrorless Olympus E-PL5 dan sebuah lensa CCTV Lens 35mm dengan tambahan ring macro. Dua gear yang sebenarnya jauh dari kata optimal, tapi apapun itu, seperti jargon tokopedia “mulai aja dulu”. 😀

Tertarik belajar juga?yuk sharing di kolom komentar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.