Apresiasi Blogger Sebagai Penyedia Konten

Serius, menulis itu bukan perkara gampang. Apalagi jika ada deadline yang harus dipenuhi dan syarat-syarat atau aturan yang harus diikuti. Mencari idenya aja bukan perkara gampang apalagi menuangkannya dalam sebuah tulisan yang mudah dicerna pembaca, wooh itu tantangan besar. Kalau masih dianggap gampang, maka saya menantang yang membaca tulisan ini untuk konsisten menulis setiap hari selama 30 hari saja. Dijamin keleyengan :p

Entah ini perasaan saya saja atau memang suatu kenyataan. Saya belum bisa sampai melakukan penilitian, jadi tulisan ini full opini pribadi tanpa data yang akurat. Jadi silakan mengamini atau sebaliknya.

Semakin kemari, blogger diapresiasi semakin baik. Parameternya adalah semakin banyak brand atau apapun lah yang sangat mengharapkan tulisan dari para blogger. Bahkan tidak jarang event-event khusus diadakan hanya agar blogger menulis reviewnya. Tak jarang juga yang membayar tulisan-tulisan para blogger dengan duit beneran buka hanya produk atau goodiebag. Ujung-ujungnya memang ini merupakan bagian dari campaign.

Tanpa disadari oleh kita bahwa dunia marketing sudah totaly berubah dari yang jaman hard selling ke soft selling. Jaman dulu hard selling seperti iklan di tv, radio dan billboard akan efektif. Walaupun tidak ditinggalkan juga, para agency pr akan mengarahkannya ke media sosial. Dan yang paling ampuh adalah tulisan. Sebuah konten yang viral akan punya impact yang besar bahkan bisa menggiring opini kebanyakan. Contoh kasus adalah video dari Buni Yani dalam pilkada DKI Jakarta. Saya tidak akan membahas lebih jauh karena kita sama tahu hasilnya seperti apa. :p

Yang diuntungkan adalah blogger, kian hari apresiasi nya semakin besar. Dan rasanya blogger sudah menjadi profesi tersendiri, terbukti dari teman-teman yang karirnya berkembang diawali oleh kegiatan ngeblog. Buat saya sendiri yang mulai ngeblog dari 2008 baru pecah telor (istilah menghasilkan uang dari internet) di tahun 2016 karena ditawari untuk menulis konten hellobogor.com yang merupakan bagian dari eazy traveler.

Dan masih banyak apresiasi blogger lainnya seperti undangan dalam premier film, lauching product untuk para blogger, dan pastinya semua gratis bahkan diiming-imingi oleh hadiah ini itu. Seru kan jadi blogger, selain memberi manfaat untuk orang lain, menjadi blogger pun mendapat manfaat darinya. Salam perbloggeran.

Ditulis di teras rumah sehabis ronda.

Ilhabibi