Seminggu sudah menerima dan kemudian menggunakan si Asus ZenPower ini dan kini adalah saatnya me-review produk ini. Inilah ini review Asus ZenPower Si Powerbank pertama seukuran kartu kredit.

Iya, dalam me-review saya sengaja untuk mencoba menggunakan produknya selama seminggu, sehingga review ini bukan sebuah review singkat first impression tapi merupakan pengalaman nyata dalam menggunakan produk Asus ZenPower ini.

Asus ZenPower adalah power bank yang dikeluarkan oleh brand Asus. Tau dong Asus, ya dia adalah brand dunia dalam dunia gadget yang dikenal memiliki kualitas bagus, spesifikasi bagus namun dengan harga yang bersahabat. Boleh cek deretan notebook kecenya, kakak.. :p

Ukuran

Nah, di ZenPower ini Asus mengklaim produknya merupakan power bank pertama yang berukuran sebesar kartu kredit. Tuh, bisa dilihat di foto diatas. Rupanya ga plek sama seukurang kartu kredit, tetapi mendekati. Hehe. Ukuran di dunia power bank memang salah satu issue ya, karena bagaimana pun ukurannya harus pas supaya enak ketika menggunakannya untuk gadget handphone kesayangan kita.

Dengan klaimnya tersebut, jangan berharap lebih bahwa ketipisannya sama dengan kartu kredit terus bisa ditaruh di dompet ya. :p. Kapasitasnya yang 10.050mAh membuat ketebalannya ga bisa tipis-tipis amat. Kalau saya ukur sih setebal Microsoft Lumia 535 ditumpuk 2. Liat sendiri nih.

Untuk ukuran pastinya, ZenPower ini berukuran 90.5 x 59 x 22 (semua dalam mm)  dengan berat 215gram. Ga bisa dikatakan ringan juga sih, tapi berisi. Hihi. Tapi yang jelas enak banget buat digenggam. Ketika menggenggam sambil ngisiin handphone, terasa pas ditangan dan nyaman. Mungkin karena bahan luarnya juga yang bagus, ga licin gitu loh.

Kapasitas

ZenPower dibekali kapasitas penyimpanan daya 10.050mAh. Besar binggooo, untuk ukuran handphone saya yang kapasitas baterainya 1905mAh (saya bulatkan jadi 2000mAh), itu artinya bisa dipake sama 5x nge-cas, wohooo. Dan ini sudah terbukti loh, dipake full gantian sama handphone istri saya yang ukuran sama, bisa sampe 5x!Asoy geboy.

Kapasitas besar, ngisinya pun ga sebentar dong, nah buat ngisi full dari yang saya alami sih butuh waktu 8-10jam. Tergantung output charger-nya juga ternyata. Jadi yang saya praktekin, ngisinya pas masuk kantor, lalu selesai pas pulang kantor, kurang lebih 9 jam kan. Nah itu dah full, lumayan ngecharge dapet subsidi kantor. :p

Fitur Lainnya

Untuk kabel data, ZenPower dibekali kabel data yang cukup pendek. Pertama kali liat sempet mikir, hmm…pendek gini mana enak. Tapi itu salah saudara, justru pendek ini nyatanya pas buat performa ketika nge-cas di handphone, enak gitu sambil digenggam ataupun dimasukin tas. Ga ribet karena harus menggulung kabel yang kepanjangan. Jempol deh buat yang ini.


Biasanya yang suka kita kuatirkan dalam dunia baterai adalah overcharge, yaitu ketika kapasitasnya sudah penuh tapi terus kita charge. Kondisi gini lama-kelamaan membuat baterai kita jadi ngedrop. Cek dan ricek, ZenPower punya 11 fitur keamanan yang mencegah hal ini terjadi. Percayalah dengan teknologinya Asus :p

Fitur kece lain yang dipunya ZenPower ini adalah nge-cas-nya ngebut bangeet. Output dari ZenPower ini 2.4A, rupanya output yang besar ini yang bikin ngebut. Kebayang dong dalam perjalanan, fitur nge-charge super ngebut ini bakal membantu banget. Handphone saya pake charger aslinya sampe full biasanya butuh 2 jam, pake ZenPower cukup 1 jam lebih dikit, kece bingit ga tuh! :p

Harga

Ada kualitas ada harga, cek dibeberapa e-commerce terkemuka sih kurang lebih di rentang 250rb-300rb. Harga yang sesuai untuk performanya (setidaknya selama seminggu ini). :p

Yang belum terbukti kan daya tahannya, dari pengalaman yang saya punya untuk powerbank lainnya. Rata-rata cepet drop. Tapi mengingat fitur 11 teknologi pengaman yang disematkan Asus kepada ZenPower, rasanya sih ini akan menjadi salah satu produk yang tahan banting.

Kesimpulan (Skala bintang 1-5)

  • Ukuran: bintang 4.5 (ukuran,kenyamanan,pilihan warna oke punya, minus yg masih agak tebal tp mengingat 10.050mAh sih maklum :D)
  • Kapasitas: bintang 5 (10.050mAh gitu)
  • Fitur: bintang 5 (yg ini harus baca disini deh lengkapnya ZenPower)
  • Harga: bintang 3.5 (ngarep lebih murah lagi :D)

Beli Power Bank lebih baik dari brand yang ternama deh, harga ga akan boong. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.